Racik Daun Salam dan Minyak Zaitun Untuk Atasi Sakit Kepala dan Nyeri Sendi

Migrain bikin aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Selain rasa sakit kepala sebelah, kamu juga akan mengalami gejala lain seperti mual, muntah, sensasi kepala berputar, dan berkunang-kunang, hingga tubuh lemas.

Migrain juga membuat kamu jadi lebih sensitif terhadap perubahan cuaca yang ekstrem, cahaya terang, bahkan suara bising, sebab ketiganya akan membuat migraine menjadi lebih parah. Meski pun dapat diatasi dengan obat pereda nyeri, namun tak sedikit memberikan efek samping.

Jika kamu enggan mengomsumsi obat, ramuan alami berbahan daun salam dan minyak zaitun bisa jadi solusinya. Daun kemangi yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, nyatanya memiliki manfaat kesehatan seperti mengurangi nyeri dan sakit kepala.

Selain itu, daun salam juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan sistem saraf, dan mengurangi stres.

Melansir intisari.grid.id, terdapat sekitar 0,17% minyak esensial, dengan komponen penting eugenol dan metilkavikol (methyl chavicol) pada daun salam kering. Apabila mencampurkan daun salam dengan minyak zaitun kamu akan banyak mendapatkan banyak manfaat yang bisa diambil dari campuran tersebut.  Minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang  tinggi (utamanya asam oleic dan polifenol).

Berikut cara meramu daun salam dengan minyak zaitun:

  • Ambil 250 ml minyak zaitun dan daun salam 30 gms
  • Rendam daun salam pada minyak zaitun
  • Simpan dalam botol kaca dan tutup kencang
  • Diamkan selama 14 hari di tempat gelap atau sejuk
  • Kocok sesekali
  • Saring minyak 2 minggu kemudian dengan bantuan kain dan tuangkan kedalam wadah lain
  • Simpan di tempat yang dingin dan oleskan pada bagian dimana kamu merasa nyeri atau sakit.

Adapun beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari ramuan daun salam dan minyak zaitun, yakni:

  1. Daun salam dapat digunakan sebagai aspirins.
  2. Meredakan sakit perut dan merangsang nafsu makan.
  3. Memperbaiki masalah kulit, pori-pori, dan jerawat.
  4. Dapat meningkatkan aktivitas mental.
  5. Membantu dalam menstimulasi keringat.

Daun salam memang sudah selayaknya teman bagi para ibu rumah tangga, namun tak banyak orang yang mengetahui jika daun salam sebenarnya tanaman herbal yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan kayanya kandungan vitamin, tembaga, kalium, kalsium, magnesium, seng, besi, selenium, dan mangan pada daun salam.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact