Rentan Sakit Dimusim Penghujan? Konsumsi Vitamin C Sesuai Kebutuhan

Perubahan cuaca yang cukup esktrem saat ini membuat tubuh jadi rentan sakit, seperti flu. Akibatnya, aktivitas pun jadi tidak maksimal. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu perlu banyak mengonsumsi vitamin C supaya daya tahan tubuh tetap terjaga.

Mengapa vitamin C?

Vitamin C memiliki peran penting dalam tubuhmu termasuk metabolisme dan imunitas (daya tahan tubuh). Vitamin C juga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Lalu, berapa banyak asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh?

Jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 75-90 mg setiap harinya. Vitamin ini banyak terdapat dalam sayur dan buah. Salah satu buah yang sangat kaya akan vitamin C adalah jambu biji. Sebab, kandungan vitamin C pada jambu biji dua kali lipat lebih banyak daripada jeruk. Dalam satu buah jeruk ukuran sedang hanya terkandung sekitar 50 mg vitamin C. Sedangkan dalam satu buah jambu biji, terkandung sekitar 225 mg vitamin C. Dimana jumlah ini setara 140% dari angka kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, pada jambu biji juga mengandung vitamin A, serat, protein, dan antioksidan likopen yang dapat membantu tubuh melawan virus penyebab penyakit.

Cara Lain Mencegah Influenza di Musim Hujan

Selain mencukupi asupan vitamin C, untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa dengan cara lain yang dilakukan, diantaranya:

Menjaga kebersihan diri

Virus dan bakteri penyebab penyakit dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut, dan mata. Oleh karena itu, biasakan untuk rajin mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, sehabis bersin atau batuk, bahkan setelah membuang sampah.

Sehabis beraktivitas pun jangan lupa untuk  selalu membersihkan seluruh tubuh dengan Medicare. Kandungan Zebact 100 yang revolusioner, ampuh melindungi kulit dari serangan bakteri dan kuman. Dengan Medicare, kamu tidak perlu lagi khawatir akan masalah akibat kotoran yang menempel pada kulit berkeringat setelah beraktivitas seharian!

Konsumsi makanan bergizi

Sayur dan buah mengandung banyak antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas penyebab melemahnya daya tahan tubuh.

Selain antioksidan, memenuhi kebutuhan protein dan omega-3 juga penting bagi daya tahan tubuh.

Istirahat dan tidur yang cukup

Cukupi waktu istirahat dengan tidur selama 7- jam sehari. Kalau kamu kurang tidur, saya tahan tubuhmu akan melemah. Hal ini bukan hanya menyebabkan tubuh rentan terkena influenza di musim hujan, tapi juga beragam lainnya.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved