Selain Menyegarkan, Mandi Air Dingin di Pagi Hari Memiliki Banyak Manfaat

Sebagian dari kita biasanya malas mandi air dingin di pagi hari lantaran kurang nyaman bagi tubuh, apalagi kalau cuaca di pagi hari cukup dingin. Padahal, mandi air dingin di pagi hari dapat menyegarkan tubuh dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika melakukannya.

Lantas, apa saja kira-kira manfaat mandi air dingin di pagi hari bagi kesehatan? Berikut diantaranya.

Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Mandi air dingin di pagi hari, maka tubuh akan terangsang untuk memproduksi sel darah putih dengan jumlah yang lebih banyak. Seperti yang sudah diketahui, sel darah putih adalah ‘tentara’ utama tubuh kita dalam melawan berbagai serangan virus, kuman, atau bakteri yang bisa memicu datangnya masalah kesehatan.

Membuat Sirkulasi Darah Jadi Lebih Lancar

Mandi dengan air dingin di pagi hari akan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan membantu fungsi organ berjalan dengan maksimal, membuat proses penyembuhan menjadi lebih baik dan mengatasi berbagai peradangan.

Mengatasi Depresi

Saat mandi, kulit akan menerima dinginnya air, maka pada saat yang sama reseptor akan mengirimkan sinyal yang besar menuju otak.

Manfaatnya, otak akan menciptakan efek seperti anti depresan yang akan menghilangkan pikiran depresi dan memperbaiki mood.

Mengobati Nyeri Otot

Manfaat lain yang bisa didapat mandi menggunakan air dingin yaitu bisa mencegah dan mengobati nyeri otot setelah berolahraga.

Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa perendaman air dingin mengurangi keterlambatan timbulnya nyeri otot setelah aktivitas fisik yang terlalu kuat.

Mengurangi Stres

Mandi air dingin di pagi hari bisa meningkatkan toleransi tubuh akan stres dan beragam penyakit. Saat air dingin diguyurkan ke tubuh, semacam antioksidan bernama gluthatione akan mengajak antioksidan lain bekerja secara maksimal dan tubuh jadi tahan banting dari stres dan tekanan lain.

Nah, itu dia manfaat mandi air dingin di pagi hari, semoga bermanfaat..

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact