Selain Menyehatkan, Berikut Sederet Keuntungan Mengonsumsi Kurma saat Buka Puasa

Memasuki bulan Ramadhan, kurang afdol rasanya kalau tidak ada camilan kurma. Buah asal Timur Tengah ini merupakan makanan yang paling populer dan selalu ada selama Ramadhan.

Selain itu, kurma juga memiliki rasa yang lezat dan kaya akan manfaat khususnya kesehatan. Nah, penasaran apa saja? Berikut diantaranya:

Kaya nutrisi yang sangat baik bagi tubuh

Kurma sebagai buah kering, dimana jumlah kalorinya lebih tinggi daripada buah segar lainnya. Sebagian besar kalori pada kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya dari protein. Kurma juga mengandung vitamin dan mineral penting. Jadi, cocok sekali untuk dikonsumsi saat buka puasa.

Kaya akan vitamin

Buah kurma juga mengandung banyak vitamin seperti B1, B2, B3, B5,  A1 dan vitamin C. Jika kamu sering mengonsumsi kurma, kamu tidak lagi memerlukan suplemen atau vitamin. Sebab buah kurma mampu meningkatkan energi dan kekebalan tubuh.

Baik untuk tulang

Kandungan mineral, kalium, kalsium, dan magnesium yang tinggi pada kurma, semuanya mampu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Cocok untuk diet

Buat kamu yang berpuasa serta diet, kurma bisa menjadi makanan ringan yang lezat saat sahur atau berbuka. Kurma sering dicampurkan dengan makanan lainnya seperti kacang almond, mentega, keju, atau dijadikan snack bar sehat. Tapi perlu diingat, jangan terlalu banyak mengonsumsinya, satu sampai tiga buah kurma cukup untuk dikonsumsi dalam sehari.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kamu bisa merendam beberapa kurma dalam air dan mengunyahnya setiap hari, dijamin sistem pencernaanmu akan baik-baik saja. Terlebih bagi kamu yang sedang memiliki masalah sembelit, wajib makan buah kurma untuk mengatasinya.

Selain itu, kurma mengandung serat yang terbukti bisa mengurangi risiko kanker usus besar dan masalah pencernaan lainnya. Bahkan, kurma juga direkomendasikan untuk pengobatan wasir.

Meningkatkan fungsi otak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh JAMA International Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi kurma memiliki hubungan dengan kesehatan otak.

Kandungan dalam kurma terdapat vitamin B6 yang berguna untuk sistem otak, sehingga akan berfungsi dan bekerja lebih baik.

Kehamilan yang sehat

Ibu hamil yang mengonsumsi kurma selama empat minggu terakhir sebelum masa persalinan akan mengalami proses persalinan yang lebih lancar.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact