Stres Bisa Picu Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Cemas atau stres bisa pengaruhi daya tahan tubuh menurun, sehingga sangat rentan terhadap penyakit termasuk terinfeksi virus.

Dalam kondisi new normal ini, kamu harus selalu berpikir positif dan tenang agar mentah dan daya tahan tubuh tidak melemah. Langkah yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh, yakni harus berpikiran positif, berperasaan serta emosi positif, tak lupa selalu bersyukur dengan apapun.

Sedangkan buat kamu yang harus kembali kerja di kantor, kamu bisa melakukan pencegahan secara fisik mulai dari pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, makan makanan bergizi, selalu jaga kebugaran tubuh dengan olahraga.

Selain stres, kamu juga perlu memerhatikan beberapa kebiasaan umum yang bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Apa saja?

Pola Hidup Tidak Aktif

Pola hidup tidak aktif bisa melemahkan daya tahan tubuh. Sebaiknya, sebisa mungkin selalu lakukan olahraga, tidak perlu meluangkan waktu khusus, kamu bisa lakukan olahraga ringan sebelum beraktivitas dengan berjalan santai di komplek atau bersepeda.

Begadang

Tubuh memerlukan waktu 6-8 jam untuk istirahat dalam sehari. Jika tubuhmu sudah menunjukan tanda-tanda kelelahan, kamu sebaiknya segera beristirahat.

Jika kamu sulit tidur di malam hari, usahakan tidak main gadget, sebab hal tersebut bisa membuatmu jadi semakin sulit tidur. Simpanlah peralatan digital apapun satu jam sebelum tidur, ya!

Merokok

Buat kamu para perokok, selain merusak paru-paru, kebiasaan ini juga bisa mengacaukan kekebalan tubuh dan membuatmu lebih rentan terserang flu dan infeksi virus lainnya.

Nikotin dapat meningkatkan kadar kortisol yang membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi. Merokok juga bisa menurunkan kadar antioksidan pelindung dalam darah.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved