Ternyata Ini 7 Manfaat Konsumsi Air Madu Hangat di Pagi Hari Secara Rutin

Ada banyak cara untuk merasakan khasiat dari madu.  Mulai dari topping makanan, masker wajah alami, campuran minuman dan sebagainya. Dengan banyaknya pilihan tersebut tentu kita sudah mengetahui bahwa kandungan dari madu sangat baik bagi manusia. Madu sebagai pemanis alami ini mengandung antioksidan dan anti inflamasi bagi tubuh.

Dalam menjaga kesehatan sehari-hari, mengonsumsi madu sangat diperlukan. Selain madu murni yang kita konsumsi secara langsung, bisa juga dengan cara dimasukkan ke dalam air hangat. Sifat madu sebagai pencahar alami dapat mencegah dan melawan gangguan yang menyerang di tubuh. Kamu hanya perlu menambahkan 1 sendok teh madu ke dalam secangkir air hangat. Minum saat perut dalam keadaan perut masih kosong dan bisa kamu lakukan sebanyak tiga kali seminggu. Jika rutin dilakukan, berikut manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh:

Memperbaiki pencernaan

Enzim pada madu ternyata mampu tingkatkan fungsi hati yang kemudian berkontribusi ketika kita mencerna makanan dengan lebih baik. Konsumsi madu akan melindungi flora bakteri dan membantu dalam penyerapan nutrisi pada makanan secara maksimal.

Bantu turunkan berat badan

Sebagai gula alami, madu menyediakan sumber energi yang sehat sehingga mengurangi keinginan tubuh untuk meminta makanan secara berlebihan. Selain itu juga meningkatkan pengeluaran kalori.

Mencegah infeksi pada saluran kemih

Gabungan antara madu dengan air hangat memiliki sifat antibakteri dan diuretik yang dapat membersihkan saluran kemih serta mengurangi risiko infeksi seperti penyakit Cystitis (Sistitis). Manfaat lain dari minuman kaya akan mineral dan vitamin yang dikonsumsi secara rutin ini efektif tingkatkan antibodi untuk cegah serangan virus bagi tubuh.

Tingkatkan energi

Madu sebagai sumber kalori sehat untun tingkatkan kinerja fisik maupun mental. Minuman ini jika dikonsumsi saat pagi hari akan bantu hilangkan rasa lelah dan mengantuk, sehingga aktivitas akan berjalan lancar dan lebih produktif.

Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Madu dengan air hangat penuh dengan nutrisi bermanfaat bagi kesehatan sistem kekebalan tubuh kita. Mampu melawan berbagai jenis patogen berbahaya, sehingga antibakteri di dalam madu mampu butuh mikroorganisme yang mungkin sudah terlanjur masuk ke tubuh atau resistensi antibiotik konvensional.

Mengendalikan kadar kolesterol 

Jika kamu sering makan makanan bersantan tentu sudah mengetahui bahwa santan rentan akan kolesterol. Hal ini bisa diimbangi dengan minuman hangat ini. Lebih efektif untuk kamu yang memiliki masalah kolesterol, minumlah secara rutin sekali sehari. Cara ini juga mengurangi risiko permasalahaan sirkulasi darah hingga penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

Mengurangi alergi

Madu organik yang rutin kita konsumsi, akan mengurangi sensitivitas terhadap serbuk sari maupun partikel lingkungan yang memicu respon sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sebagai ekspektoran minuman ini ampuh menghilangkan lendir yang biasanya kerap menghalangi saluran pernapasan.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved