Ternyata Makan Pakai Tangan Punya Beberapa Manfaat, Lho!

Rasanya makan akan terasa lebih nikmat jika pakai tangan, ya.  Jika kamu memiliki kebiasaan makan menggunakan tangan, sebaiknya patut berbahagia, sebab makan pakai tangan ternyata memiliki beberapa manfaat baik bagi kesehatan yang patut kamu ketahui, apa saja? Simak ulasannya berikut, yuk!

Melancarkan Pencernaan

Saat jari-jari tangan menyentuh makanan, ujung saraf jari otomatis memberikan sinyal ke otak kalau kamu akan makan. Pesan ini lalu diteruskan ke perut agar segera menyiapkan pencernaan. Organ pencernaan lalu merespons dengan melepaskan enzim dan cairan pencernaan.

Dengan begitu, ketika makanan masuk ke mulut, tubuh sudah siap mencerna makanan dan prosesnya bisa berjalan lebih lancar.

Menambah Jumlah Bakteri Baik

Meski kerap dianggap tidak bersih atau jorok, namun faktanya banyak bakteri baik yang hidup di kulit tangan yang berfungsi untuk menghadapi serangan bakteri jahat dan kuman.

Dengan begitu, manfaat makan pakai tangan yang bersih bisa membantu meningkatkan bakteri baik, sekaligus berguna untuk meningkatkan kekebalan alami sistem pencernaan tubuh.

Melatih Otot Sekitar Tangan

Manfaat lain makan pakai tangan yakni bisa menjadi sarana latihan otot, terutama pada anak-anak yang sedang belajar makan.

Latihan otot tangan ini selain baik untuk motorik juga dapat membantu meningkatkan kelancaran aliran darah.

Meningkatkan Fokus saat Makan

Ternyata makan pakai tangan dapat membantu mengembalikan daya fokus. Saat jari-jari tangan menyatu untuk mengambil makanan, fokus pikiran akan beralih pada makanan yang ada di piring. Sehingga, kamu menjadi lebih menghargai sesi makan tanpa terpecah pada hal lain.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved