Tips Bihun Tidak Hancur atau Menggumpal saat Dimasak

Meski terbilang sangat mudah untuk membuat sajian berbahan dasar bihun, tetapi jika diolah dengan cara yang salah, bihun bisa menjadi hancur atau menggumpal.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Ibu Baik SunCo menyimak beberapa cara ala SunCo yang dapat menghindari kamu dari olahan bihun yang tidak diinginkan seperti di atas. Simak yuk!

Rendam Air Hangat

Sebelum diolah, sebaiknya bihun kamu rendam terlebih dahulu dalam air hangat. Selain itu, kamu juga bisa merendamnya menggunakan air biasa jika kemasannya menuliskan demikian.

Namun, sebaiknya hindari merendam bihun di air panas yang baru mendidih, sebab hal tersebut bisa membuat tekstur bihun jadi lembek dan saat dimasak bihun rentan menggumpal.

Lama Waktu Merendam Bihun

Untuk menghindari bihun hancur atau menggumpal, sebaiknya kamu perhatikan lama waktu merendamnya. Jika kamu merendam bihun menggunakan air hangat, diamkan selama lima menit. Sementara jika kamu menggunakan air dingin, kamu bisa merendamnya selama 10 menit.

Tambahkan Minyak Goreng

Jika bihun sudah selesai direndam, segera tiriskan, kemudian bilas menggunakan air mengalir untuk menghentikan proses memasaknya, lalu tiriskan kembali.

Setelah itu, kamu bisa menuangkan sedikit minyak goreng sambil diaduk secara perlahan. Jika ada bihun yang kusut, kamu bisa meluruskannya sembari mengaduk bihun dengan minyak.

Tidak Dimasak Langsung dengan Bumbu

Jika kamu ingin membuat olahan tumis, kamu bisa menuang bumbu yang diperlukan ke dalam bihun yang sudah direndam. Kemudian, barulah masak seperti biasa. Cara ini bisa membuat bihun tidak lengket dan menggumpal saat diolah kembali.

Namun, jika kamu ingin menyajikan olahan berkuah, kamu bisa menata bihun dalam mangkuk lalu tuang kuahnya setelah matang. Dengan begitu bihun tidak akan hancur akibat dimasak kembali.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved