Tips Menyimpan Manisan Buah Usai Lebaran

Manisan buah merupakan salah satu kudapan segar yang diminati oleh banyak orang, terutama saat memasuki perayaan Hari Raya. Terlebih di Indonesia, keberadaan buah segar yang berlimpah dan mudah didapat membuatnya banyak diolah menjadi beragam jenis makaan dan minuman.

Hal yang harus diperhatikan dari pembuatan manisan buah juga perlu memerhatikan cara menyimpan manisan buah agar bisa disimpan lama atau tahan lama.

Tips menyimpan manisan buah agar tahan lama, hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara di wrapping, divakum, atau dimasukkan ke dalam wadah plastik tertutup.

Wadah manisan perlu ditutup rapat sampai hampa udara, agar manisan tidak terkontaminasi dengan bau dari produk makanan lain saat disimpan di dalam kulkas.

Selain itu, jangan masukkan manisan buah ke dalam freezer, karena bisa mengakibatkan manisan buah mengerut dan kering.

Hal tersebut berdampak pada kualitas buah. Sari dalam manisan akan hilang dan membeku.

Namun perlu dicatat, manisan buah tidak bisa disimpan di dalam kulkas terlalu lama. Sebab, sari dari manisan juga akan terserap dan cepat mengering jika disimpan terlalu lama.

Manisan buah sebenarnya sudah mengandung cuka di dalamnya yang membuat manisan buat lebih awet. Kamu bisa langsung menyantap manisan sudah didinginkan.

Selain itu pemberian label tanggal penyimpanan makanan yang disimpan di dalam kulkas sebaiknya dilakukan.

Hal tersebut bertujuan agar seluruh anggota keluarga mengetahui kapan makanann tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved