5 Makanan Terbaik Setelah Olahraga

Setelah berolahraga di fitness center, apa sih yang biasa Anda makan dan minum untuk menghilangkan lelah? Nasi padang atau es teh manis? Kalau gitu, sia-sia dong usaha Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mulai sekarang, Anda harus tahu, saat latihan olahraga tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup sebagai bahan bakar. Nah, energi yang terpakai selama latihan otomatis akan hilang dan harus diisi kembali dengan energi baru yang sumbernya pun harus dari makanan sehat dan baik.

Yuk, cari tahu kelima makanan yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya sebagai makanan terbaik yang bisa Anda makan setelah berolahraga.

Sayuran dan Biji-bijian

Protein tinggi terbukti mengembalikan energi yang hilang dan membantu pertumbuhan massa otot. Anda bisa mengonsumsi protein tinggi dari sayuran (brokoli dan asparagus) dan kacang-kacangan (almond, biji bunga matahari, pistachio, walmut, dan hazelnut). Keduanya mengandung vitamin B yang memberikan energi penuh setelah terkuras selama berolahraga dan membantu proses metabolisme tubuh.

Hemp Seed

Termasuk kategori biji-bijian yang masih masuk keluarga Cannabis Activa (ganja) tapi Anda tidak perlu khawatir, hemp seed aman dikonsumsi karena tidak memiliki zat adiktif (candu) seperti daun ganja. Hemp seed kaya akan Omega 3 fatty acids sebagai makanan pengasil mega energi terbaik.

Air Kelapa

Selain kita tahu air kelapa memiliki rasa yang menyegarkan untuk diminum setelah berolahraga, air kelapa dengan kandungan elektrolitnya memiliki nutrisi dan keseimbangan yang sama seperti darah.

Bahkan lebih baik dari susu karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak. Jadi, selain air putih Anda juga bisa minum air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

Kunyit

Kunyit disini bukan untuk dikonsumsi mentah-mentah. Yang pasti kunyit bisa Anda aplikasikan ke beberapa minuman tradisional (jamu). Rasa pedas kunyit terkenal kaya akan zat antioksidan curcumin. Antioksidan curcumin ini berfungsi untuk menghindari pembengkakan atau peradangan pada beberapa otot karena latihan yang terlalu keras.

Sayuran Berdaun Hijau

Siapa yang tidak suka warna segar dari sayuran hijau? Berbagai sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, dan lettuce memiliki kandungan mineral, vitamin, dan zat klorofil. USDA (U.S. Department of Agriculture) menyarankan untuk mengkonsumsi satu jenis sayuran hijau setiap hari untuk membantu mempercepat proses pemulihan setelah berolahraga dan menjaga kekebalan tubuh dari virus penyakit.

Itulah lima makanan baik yang bisa Anda konsumsi setelah berolahraga dan usahakan untuk mengimbangi latihan dengan nutrisi yang tidak sembarangan. Because eat well, work out, and smile more is the new happiness, right?

0 LIKES

0 Komentar