Resep Mayonaise

Mayonaise atau mayo adalah saus creamy dan kental yang awalnya berasal dari Mahon, Spanyol. Mayonaise merupakan emulsi stabil yang dibuat dari campuran minyak, cuka (vinegar) atau air jeruk lemon dan kuning telur. Kuning telur ini mengandung lechitin yang berperan sebagai emulsifier untuk membuat minyak tercampur baik dengan bahan lainnya hingga membentuk krim kental. Umumnya mayonaise berwarna putih, kuning pucat atau krem dan teksturnya pun bervariasi mulai dari yang encer hingga sangat kental.

Anda penggemar gurih asamnya rasa mayonaise? Saus ini sering dipakai untuk side dish atau bahan colekan saat menikmati salad, burger atau pelengkap makanan chicken katsu dan steak. Rasanya pasti lezat ketika dinikmati dengan saus emulsi yang creamy ini. Maka tidak heran bila saus Mayonaise menjadi saus favorite yang  banyak dicari. Tapi sayangnya harga Mayonaise cukup mahal dipasaran, padahal cara pembuatannya mudah dan bahan-bahannya pun cukup sederhana. Nah, Anda penasaran bagaimana cara membuat Mayonaise? Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

  1. Kuning telur dari 2 butir telur ukuran sedang
  2. 200    ml    minyak goreng SunCo
  3. 2      sdm   cuka masak
  4. 1      sdt     garam
  5. 2      sdt     gula
  6. 2      sdt    bubuk mustard

Cara Membuat :

1. Gabungkan kuning telur, cuka, garam dan mustard di dalam blender. Blend hingga tercampur halus dan rata. Coba rasanya, tambahkan garam-gula-cuka dan mustard sesuai selera hingga dicapai rasa yang diinginkan.

2. Masukkan minyak goreng SunCo 1 sdt, blend dalam blender. Masukkan lagi 1 sdt dan blend, demikian berurutan hingga minyak habis atau hingga tercapai kekentalan yang diinginkan.

3. Setelah tercampur rata kemudian masukan satu persatu mustard, gula dan garam sampai rasanya pas. Jika masih terasa kurang asam, Anda bisa menambahkan cuka lagi.

4. Setelah rasanya sesuai dengan keinginan, masukan ke dalam botol lalu simpan di kulkas selama satu malam.

Demikianlah bahan dan cara praktis membuat Mayonaise yang bisa Anda kreasikan dirumah. Selamat mencoba!

0 LIKES

0 Komentar