Yuk, Jaga Daya Tahan Tubuh Anak saat New Normal

Daya tahan tubuh anak belum terbentuk dengan sempurna. Sistem kekebalan tubuh si kecil harus terus beradaptasi agar menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, agar tidak mudah terserang penyakit, kamu sebagai orangtua bisa melakukan beragam cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya:

Penuhi Nutrisi

Perlu Variasi Penuhi Nutrisi Anak-anak - Berita 55

Untuk bayi, kamu bisa berikan nutrisi tepat melalui pemberian ASI. Dalam ASI terdapat antibody dan immunoglobulin A (IgA) yang berperan untuk melindungi tubuh, agar tidak mudah terpapar bakteri dan virus penyebab penyakit.

Tapi, jika si kecil berusia 6 bulan ke atas, kamu bisa memberikan ASI serta menu MPASI yang sehat dan bergizi dimana mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah.

Istirahat Cukup

Produktivitas Anak Tergantung pada Energinya, Yuk Pastikan Anak Cukup  Istirahat Supaya Pintar di Sekolah : Okezone Lifestyle

Bayi membutuhkan tidur selama 18 jam. Sedangkan untuk balita, membutuhkan waktu tidur selama 12-13 jam. Diusia lima tahun ke atas, si kecil membutuhkan waktu tidur 10 jam dalam sehari.

Biasakan untuk Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Dettol Ajak Anak Indonesia Agar Selalu Mencuci Tangan Pakai Sabun - Health  Liputan6.com

Di masa new normal ini kamu bisa mengajarkan si kecil pola hidup bersih dan sehat dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 menit.

Kamu bisa mengajarkan untuk cuci tangan secara rutin sebelum makan, setelah keluar kamar mandi, menyentuh fasilitas umum, dan setelah beraktivitas di luar rumah.

Apabila tidak ada sabun, bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

Rajin Konsumsi Buah dan Sayur

Ini Cara Ampuh Membuat Anak Mau Makan Sayuran - Womantalk

Buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Jadi, usahakan untuk selalu memberikan sayur dan buah 2-3 porsi dalam menu makan si kecil setiap hari.

Olahraga

Mengajarkan Anak Pola Hidup Sehat Sejak Dini - Etalase Serpong

Kamu bisa mengajak si kecil untuk olahraga dengan cara yang menyenangkan seperti bermain bola, bersepeda, dan melakukan aktivitas menyenangkan lain di luar rumah. Disarankan untuk melakukan olahraga selama 150-300 menit dalam seminggu agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Artikel Terkait

© Endee Communication. All Rights Reserved

About  Terms  Privacy  Contact